Tunaikan Zakatmu

Foto : Ina Latu Faidah Azuz

Selasa malam di Makasar, sambil minum sarabah Ina Faidah Azuz menceritakan aktifitasnya menjalani bulan suci Ramadhan. Ia menjelaskan bagaimana menunaikan zakat.
Ia mengawali percakapan kami dengan statement "Saya heran banyak orang yang menganggap dengan memberikan zakat mereka telah menolong orang miskin, bahkan mungkin mereka mengira mereka superior dan penerima zakat inferior".

Lebih lanjut ia mengatakan, "bagi saya, penerima zakat adalah orang-orang mulia!". Merekalah yang menjadi causa prima rezeki kita yang 97,5%. Kalau bukan mereka, kita tidak mungkin menerima rezeki sebesar itu. Maka kita patut menghargai mereka dengan cara menunaikan zakat secara lebih manusiawi, tanpa pamer apalagi sampai membuat orang mengantri, menunggu dan berdesakan sampai ada yang pingsan.

Jangan sampai kita memberikan zakat seperti tuan yang sedang berbaik hati membagikan harta kepada orang miskin. Kita bukan tuan dan penerima zakat bukan hamba rendahan. Kita menunaikan zakat karena kita sadar bahwa kita sedang meminjam 2,5% dan wajib hukumnya untuk kita mengembalikannnya kepada mereka yang berhak atasnya. Mereka yang menjadi causa prima Allah memercayakan berkah-Nya bagi kita. Sungguh sebuah pemaknaan nilai beragama yang manis.
Kepada Ina Latu Faidah Azuz dan semua sesama saudara-i ku yang merayakan Hari Raya Idul Fitri, saya ucapkan: Selamat merayakan Kemenangan di hari yang Fitri. Mohon maaf lahir dan Bathin.

Dikutip dari Facebook Yudit Tiwery

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nanda lasamahu berhasil menjuarai lomba bertutur tingkat jemaat

Sejarah Terbentuknya Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM)